Menuju Ekonomi Hijau, BI Luncurkan 'Kalkulator Hijau' buat Industri Hitung Emisi

/

/ Rabu, 02 Oktober 2024 / 23.28 WIB

 

Deputi Gubernur BI Juda Agung - Foto: detikcom/Anisa Indraini.

PILAREMPAT.com -  Jakarta :

Bank Indonesia (BI) meluncurkan 'kalkulator hijau' sebagai alat penghitung emisi Gas Rumah Kaca (GRK) berbasis smartphone yang dapat digunakan oleh pelaku ekonomi secara gratis.

Kehadirannya diharapkan dapat bermanfaat untuk memantau tingkat kehijauan aktivitas ekonomi dan tingkat keberhasilan transisi menuju ekonomi hijau atau Green Economy.

"Ini upaya kita untuk memfasilitasi industri baik itu korporasi non keuangan maupun industri keuangan dalam menghitung seberapa hijaunya aktivitas ekonomi mereka. Jadi setiap aktivitas ekonomi itu memiliki emisi dan itu bisa dihitung bagaimana penggunaan listrik, bahan bakar, itu emisinya ada," kata Deputi Gubernur BI Juda Agung, di Gedung BI Rabu (2/10/2024) sebagaimana yang dilansir detikfinance.

Selain itu, kalkulator hijau memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam pemenuhan kebutuhan pelaporan keberlanjutan (disclosure) yang dipersyaratkan oleh regulator dan pasar global. Dengan demikian kalkulator hijau dapat membuka akses lebih luas kepada investasi dan pendanaan hijau.

"Kalkulator hijau menggunakan angka faktor emisi nasional yang sudah disetujui oleh kementerian/lembaga terkait sehingga dapat menyediakan hasil penghitungan yang akurat sesuai dengan karakteristik Indonesia. Kalkulator hijau menyediakan standar pengukuran emisi karbon yang sama secara nasional sehingga dapat menghitung jejak emisi menuju target yang ingin dicapai," jelas Juda Agung.

Cara mengaksesnya, terang Juda, kalkulator hijau ini tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh pada platform iOS dan Android versi mobile phone dan tablet. Pengguna juga dapat mengunduh buku panduan kalkulator hijau dan kertas kerja kalkulator hijau pada website BI (Bank Indonesia). [P4/detikfinance]







Komentar Anda

Berita Terkini